Saturday, April 4, 2015

Ibu Juga Manusia

"Ibu juga manusia, punya rasa punya hati.. Jangan samakan dengan, pisau dan panci.." 

Pasti sambil senandung dalam hati deh saat baca tulisan diatas. Iya memang kata-kata itu diadaptasi dari lagu band Serius dan dimodifikasi oleh saya. Koq judul postingannya gitu banget sih? Emang ada yang nganggap Ibu bukan manusia? (ala-ala komen di IG). Well baca dulu lah postingan ini sampai selesai, ini hanya sekedar curhatan emak-emak. Mari yang emak-emak merapat.



Pada dasarnya dan memang kenyataannya, menjadi seorang ibu adalah anugerah terindah dan pekerjaan yang sangat menyenangkan bagi saya. Bisa melihat perkembangan anak-anak setiap harinya, menjadi sosok yang selalu dibutuhkan mereka, menjadi orang nomor 1 yang mereka cari tiap kali masuk rumah, dan banyak lagi hal menyenangkan lainnya. Buat saya, yang mostly menghabiskan waktu saya dirumah, ya berbisnis sedikit, merasa jenuh atau bosan juga kerap terjadi. Kalau itu sudah terjadi, yang ada jadinya uring-uringan lah, manyun aja lah, mood ke anak juga kadang kurang bagus. Nah, ini gak boleh dibiarkan nih, Ibu juga perlu waktu "istirahat" atau yang biasa disebut dengan istilah "me time". Me time menurut saya adalah waktu dimana seseorang memiliki waktu untuk dihabiskan dengan hal-hal untuk dirinya sendiri. Cara tiap orang menghabiskan waktu me time nya berbeda-beda pastinya. Ada yang me time dengan membaca, berolah raga, nonton bioskop, window shopping atau shopping beneran. Kalau saya, tentunya membaca dan olah raga bukanlah pilihan me time saya, hahaha. Tapi kumpul dengan teman-teman lah waktu me time saya. Kebetulan punya teman-teman yang juga ibu rumah tangga, merangkap pengusaha, merangkap desainer handal, ada yang seorang ibu juga. Kebayang dong ya gimana sibuknya hari-hari mereka, pastinya lebih riweuh dari saya. That's why kami sering kali, well at least sebulan sekali merencanakan ketemuan. Sekedar temu cantik di mal, makan, ngobrol lalu foto-foto. Hal-hal tersebut yang mungkin dianggap kurang menyenangkan untuk sebagian orang, sebaliknya untuk kami, khususnya saya sangatlah menyenangkan. Bisa tukar pikiran dengan teman-teman, ngobrol ini itu bisa menjadi obat uring-uringan saya. Moms also need their social life, jangan sampai anti-social dengan dalih ingin dirumah saja menjaga suami dan anak-anak. Silaturahim juga kan penting toh? Lagipula, kalau terlalu kerkungkung dirumah saja kadang otak jadi buntu dan pikiran kurang terbuka dengan hal-hal baru. Makanya bersosialisasi dan silaturahim sangatlah diperlukan.




Tapi perlu diingat bahwa, tetap sebagai seorang istri harus dan wajib minta izin suami kalau mau bepergian kemana pun. Alhamdulillah saya punya suami yang sangat pengertian tiap kali saya udah mulai uring-uringan dan minta ijin pergi dengan teman-teman, selalu diijinkan. Ya habis gimana dong, sering kali beliau lah yang terkena imbas langsung ke uring uringan saya itu, hahaha. Perginya juga tahu waktu, gak lama lama, biasanya kumpul di waktu makan siang, dan bubar jam 4 sore. Lalu kembali ke tugas masing-masing deh, tapi dengan perasaan yang lebih baik, lebih happy. Remember, Happy Moms raise happy kids! Apalagi kalau abis dari bepergian saya suka sengaja beli sesuatu untuk oleh-oleh Apap dan anak-anak, jadi pas saya datang mereka double happynya, hehe.. 

Moms, ada kalanya kita merasa lelah dan perlu istirahat. Lakukanlah, selama atas ijin suami dan anak-anak dititip ke orang yang terpercaya (suami, orang tua, saudara). Don't be too hard on yourself, be gentle, be happy, and your family will be happier. 




No comments:

Post a Comment