Thursday, February 12, 2015

Playing with Kenza at KidSpace

Assalamualaikum,

Jadi beberapa hari yang lalu saya melihat updatean instagram teman saya yang juga blogger, Arninta. Ninta memposting foto tempat bermain anaknya yang baru saja ia datangi. Karena penasaran, saya bertanya via komen di IG, nama tempat dan lokasinya dimana. Kebetulan saat itu Ninta langsung jawab, dia bilang tempatnya bernama KidSpace di daerah Pondok Indah. Karena memang sedang ingin mengajak Kenza ke tempat bermain semacam itu, saya pun langsung tertarik dan berniat mengajak Kenza kesana keesokan harinya.

Besoknya, kebetulan suami lagi gak ke kantor dan mobil ada yang nganggur. Saya mengajak Kenza untuk pergi ke tempat bermain yang direkomendasikan oleh Ninta melalui akun instagramnya itu. Karena Nafla sedang pilek, jadi Nafla dirumah saja bersama Apapnya. Saya pun pergi bersama Kenza, adik dan papa saya. Diperjalanan, Kenza yang mulai ceriwis selalu bertanya, "Mau kemana kita, Mam?" saya jawab, "Mau ke KidSpace di Pondok Indah, tempat bermain" dan Kenza pun selalu jawab, "Pondok Indah Mal ya Mam?" , anak saya memang PIM minded banget deh. Ninta bilang, KidSpace letaknya diseberang Ranch Market, ditempat yang dulunya Aquarius pondok indah. Karena memang sudah tahu ancer-ancernya, tempatnya pun mudah ditemukan.

"Mau kemana kita, Mam?"
Sesampainya disana, kami melakukan registrasi. Mengisi form yang antara lain diminta data orang tua, anak dan membayar tiket masuk yaitu sebesar Rp 75.000,- (weekdays) dan Rp 100.000,- (weekend). Setelah melakukan pembayaran, kami pun diberi stiker nama dengan nama Kenza tertera disitu. Stiker nama itu diminta untuk ditempel di baju si anak selama bermain di KidSpace. Sejauh mata memandang, tampang ruang besar dan nyaman dilengkapi dengan berbagai macam permainan edukatif, guna melatih motorik kasar dan halus untuk anak-anak. Tempat pertama yang Kenza tuju adalah kolam bola. Tidak lama ia disitu, langsung beralih ke Sandium atau arena bermain pasir. Nah, sepertinya disini lah Kenza menemukan keasyikannya bermain pasir. Dengan telaten ia memindahkan pasir dari bak nya ke truk mainan menggunakan sekop yang disediakan disana. Mukanya serius banget, dan kayanya betah. Karena saya mau dia mengeksplor arena permainan yang lain, saya mencoba untuk mengalihkan perhatiannya dari arena Sandium ini.






Lalu Kenza pun kembali lagi ke arena kolam bola, tapi bukan bola yang menarik perhatiannya. Melainkan ada semacam katrol sederhana untuk menarik ember yang diisi bola. Kenza serius dan senang sekali ketika melihat sistem kerjanya. Melihat ember yang bisa bergerak keatas karena ada katrol yang dikayuh. Dia pun tidak sabar ingin mencoba sendiri. Dengan tekun dia mengisi ember dengan bola kemudian ia kayuh katrol sampai embernya naik, dan ia lakukan itu berulang kali. Seru banget kayanya, kita yang lihat sampai bosan, hehe. Akhirnya Kenza pun merasa bosan dan berpindah ke arena permainan lain. Playdium, ada meja Lego, permainan koordinasi, tunnel, blok untuk manjat-manjat. Lagi-lagi Kenza lebih tertarik ke permainan yang mengasah motorik halusnya. Dia bermain lego dan permainan koordinasi.






Disini juga ada arena bermain air, namanya Aquadium. Ada semprotan ala petugas pemadam kebakaran, ada kolam mengalir yang didalamnya terdapat banyak perahu mainan, ada juga bola-bola yang bisa dimasukan ke dalam pusaran air yang berputar. 


Yang paling menarik dan menjadi pusat perhatian saya ditempat ini adalah adanya permainan yang bernama PaperClip Climber. Permainan ini langsung bisa kelihatan koq pas kita masuk ke KidSpace. Kenza yang awalnya sedikit enggan mencoba permainan ini, pas diajak pulang rupanya penasaran juga lalu berani mencoba. Walaupun gak sampai diatas banget sih, at least he overcome his fear or apapun itu yang menghambat dia awalnya tidak mau mencoba permainan ini.


Oiya, disini ada juga permainan Imagination Blocks. Busa berwarna bisa berbentuk aneka rupa, ada kotak, elips, bulat, dan lain sebagainya. Namanya aja imagination blocks ya, bisa dibilang permainan ini mengasah daya imajinasi anak. Kalau Kenza kayanya tipe yang belum terlalu atau kurang suka berimajinasi ya. Dia cenderung saklek, dimana dia cuma memasukan blok elips ke blok lain yang ada lubangnya, yang mana si lubang memang diperuntukan untuk si elips. Semacam menyelesaikan puzzle. Kalau saja saya gak keburu kelaperan dan lemes, pasti Kenza masih mau bolak balik main pasir disana. Sayang Amam sudah gak kuat, lapeerr.. jadilah kami harus pergi deh dari KidSpace ini.




Overall, saya sangat senang bisa mengajak Kenza main disini. Bukan hanya karena melihat Kenza yang antusias dibeberapa permainan, saya juga jadi tahu minat dan kecenderungan Kenza tuh seperti apa. Kalau dilihat dari apa yang Kenza mainkan hari ini di KidSpace, Kenza menyukai permainan yang mengasah motorik halus dan mengandalkan fokusnya. Kenza bukan tipe anak yang lari kesana kemari atau lompat dari tempat satu ke tempat lainnya. Dia lebih suka mengamati, kemudian disaat menurut dia hal tersebut worth to try, dia akan coba. Kenza suka main pasir, lego, blok koordinasi dan katrol sederhana. Okay kalo gitu A, kapan-kapan kita main ke pantai yang banyak pasirnya yaa..


Sekian info dari saya, semoga bermanfaat ya. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai KidSpace, bisa kunjungi websitenya di www.kidspacejakarta.com.


Jl. Sultan Iskandar Muda No. 7, Arteri Pondok Indah 
Jakarta Selatan 12240 (021-723 8755)

No comments:

Post a Comment