Wednesday, June 3, 2015

Lebih Sehat dengan Tropicana Slim Canola Oil

Assalamualaikum, 

Beruntung sekali saya pada tanggal 30 Mei kemarin diundang untuk hadir di acara blogger gathering yang diadakan oleh Nutrifood sekaligus launching of Tropicana Slim Canola Oil. Apa itu Canola Oil? Canola Oil adalah minyak yang diekstrak dari biji bunga Canola. Minyak Canola lebih sehat karena mengandung omega 3 yang baik untuk kesehatan jantung. 





With Ka Fifi Alvianto, Bundo Ola dan Ninta

Apa yang ada dibenak Anda ketika mendengar kata LEMAK?? hmmm... Gue banyak banget nih stocknya, ada yang mau? hahaha.. Well, ternyata lemak itu gak selamanya mengerikan. Karena sebagaimana bawang, ada bawang merah dan ada juga bawang putih. Menurut cerita dongeng bawang merah si jahat dan bawang putih si baik, begitupun lemak. Ada lemak yang baik dan ada juga yang buruk. Nah masalahnya sekarang, lebih banyak lemak apa nih ditubuh kita? Lemak baik, atau lemak yang kurang baik? Lemak sendiri ada 4 macam, yaitu lemak jenuh, lemak tak jenuh, lemak trans dan kolesterol. Anjuran konsumsi lemak dari American Heart Ascociation, sebagaimana disampaikan oleh Mba Astri Kurniati (Nutrition and Health Science Manager, Nutrifood) antara lain: 
  • Batasi asupan lemak 25-35% perhari
  • Batasi asupan lemak jenuh kurang dari 7% dari kalori total perhari
  • Batasi asupan lemak trans kurang dari 1% dari kalori total perhari
  • Sisa asupan harus dipenuhi dengan asam lemak tak jenuh






Tahukah Anda bahwa seporsi makanan fast food mengandung 40% lemak? bahwa sepiring nasi padang mengandung 37-45% lemak dan 2 keping gorengan mengandung hampir 30% lemak??? I admit, kalau saya makan fast food yang ayamnya 2, kalau nasi padang lauknya 3, kalau gorengan apalagi pisang goreng gak mungkin cuma 2. Bayangkaaaaann berapa % lemak yang ada ditubuh ini, ya Tuhaaannn.. Makanya pas kemarin di event ada satu corner dimana kami yang datang bisa memeriksakan kadar lemak dan otot tubuh. Dimulai dari menimbang berat badan, lalu ketahuan lah bagaimana kondisi tubuh kita. Sungguh, menyedihkan sih kalau ingat hasil pemeriksaan tubuh saya, dan membuat saya tersadar harus lebih concern saya kesehatan, supaya gak begini amat hasilnya. Hiks.. 



Dapat kesempatan untuk maju main games sebelum acara dimulai
Pucink pala barbie
With Mba Feni (@Besinikel)

Tetap senyum walaupun belum beruntung menang quiz, hehe

Mba Astri 
Ibu Noviana Halim

Fifi Alvianto
Kembali lagi ke urusan lemak dan kesehatan, ternyata cara paling mudah untuk membatasi jumlah lemak yang masuk kedalam tubuh adalah dengan memilih minyak yang tepat. Kenapa minyak? Karena setelah dipikir-pikir, asupan lemak terbanyak setiap harinya ya berasal dari makanan yang kita olah dirumah, terutama yang digoreng pakai?? Minyak. Kita harus cermat dalam memilih minyak yang memiliki kandungan lemak jenuh sangat sedikit tapi kaya akan asam lemak tak jenuh. Minyak apa itu? Canola Oil lah jawabannya. Noviana Halim (Tropicana Slim Brand Manager) mengatakan, “Salah satu asam lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan jantung adalah omega-31,2 yang dapat kita temukan dalam minyak yang berasal dari biji bunga kanola. Publikasi yang dikeluarkan British Journal of Nutrition menujukkan konsumsi omega-3 ini dapat melindungi jantung. Hal ini ditunjukkan dari penurunan risiko penyakit jantung dan kematian akibat serangan jantung3. Oleh karena itu, karena Tropicana Slim percaya bahwa hidup sehat dapat dimulai dari Rumah khususnya melalui makanan yang dimasak oleh Ibu untuk keluarga, diluncurkanlah Tropicana Slim Canola Oil ini.” What a thoughtful idea ya from Tropicana Slim. Tapi emang benar ya, pernyataan ini bikin saya mikir. What I've done so far for my family to give them healthy food? Healthy lifestyle? My kids should eat better than me. Mereka kan masih kecil dan tubuhnya masih belum banyak terkontaminasi makanan-makanan yang ridak sehat. Saya harus menjaganya dong dengan memberikan asupan terbaik untuk kesehatan mereka, begitu juga untuk suami saya. Dan iya memang, hidup atau kebiasaan sehat itu dimulai dari rumah, dari keluarga, dari Ibu yang memang membiasakannya. Hiks, nulis ini malam-malam jadi rada mellow, karena saya belum membiasakan kebiasaan makan-makanan sehat untuk keluarga saya. I want them to live healthy, long, jadi akan banyak kisah manis dan membanggakan yang bisa kami lalui bersama. Huuffttt.. 


Ini cara membandingkan kadar lemak jenuh di minyak, minyak dengan lemak jenuh tinggi, akan memadat ketika kena dingin. 
Corn Oil dan Canola Oil tetap cair meski direndam es, namun Palm Oil berubah menjadi padat. Bayangkan kalau kepadatan itu terjadi ditubuh kita. hmmmm..
Tips sehat dirumah dari Fifi Alvianto (family blogger) ini juga sangat menarik: 
  • Penempatan snack di laci yang susah dijangkau atau menggunakan topless solid (tidak transparan) -- jadi anak-anak akan sulit menjangkau dan gak terus-terusan minta snack ya. Ya ibu bapaknya juga. 
  • Letakan sayur dan makanan sehat sejajar mata dikulkas -- ini bener banget karena Kenza lagi hobi buka-buka kulkas. Dan saya sengaja menyimpan buah-buahan di rak yang sejajar mata dia, jadi tiap jali dia buka kulkas, dia selalu minta buah-buahan yang ada didepannya. Nah sulitnya, kalau isi kulkas yang sejajar mata dengan saya adalah freezer, yang mana isinya es krim, daging, ayam, baso, lalalala.. *saya tak berani melanjutkan* 
  • Gunakan gelas yang lebih tinggi, dan piring yang lebih kecil -- dengan begitu kita akan minum lebih banyak dan makan lebih sedikit. 
Datang ke acara launching Tropicana Slim Canola Oil was like turning point juga untuk saya to live healthier. Not only for me, but for my family. That's why since then, saya mulai membiasakan masak menggunakan minyak Canola Tropicana Slim. Belum yang terlalu ekstrik mengubah total menu masakan, tapi at least I use better oil in a very least quantity. Mengurangi deep fried dan lebih menggunakan tehnik menumis, pan seared, baked atau kukus. Di post ini juga saya share 1 menu yang kemarn saya coba, alhamdulillah Kenza yang lagi agak susah makan ternyata suka banget dan makannya habis, alhamdulillah. Tidak ada yang lebih membahagiakan untuk saya selain melihat suami dan anak-anak saya sehat, makannya banyak (makanan sehat tentunya), bahagia, dan bahagia pada saat makan. Saya pun senang sekali for finally bisa lebih concern dengan kesehatan terutama asupan makanan untuk keluarga. Mudah- mudahan bisa terus istiqomah dalam memberikan yang terbaik untuk keluarga, and by far Tropicana Slim Canola Oil is my solution. 


 Chicken Fillet with Brown Soup




Bahan - bahan: 
  • 1 potong dada ayam fillet tanpa tulang
  • 50gr tepung terigu
  • 1 sdm tepung maizena
  • 20gr keju cheddar parut/ keju parmesan
  • 1 siung bawang putih (geprek lalu cincang)
  • 1/2 siung bawang bombay iris tipis
  • 2cm jahe, memarkan
  • 3 sdm Tropicana Slim Canola Oil
  • 2 sdt Tropicana Slim Kecap Manis
  • 1 sdt Tropicana Slim Kecap Asin
  • Garam
  • Gula
  • Merica
  • Jeruk nipis

 Cara memasak:

  1. Lumuri ayam dengan jeruk nipis, garam dan merica agar tidak bau amis
  2. Campurkan tepung terigu, tepung maizena, keju parut, merica dan garam secukupnya 
  3. Masukan ayam kedalam tepung lalu ratakan 
  4. Panaskan Tropicana Slim Canola Oil di penggorengan
  5. Masukkan ayam yang sudah dilumuri tepung lalu masak dengan teknik pan seared hingga kecoklatan. sisihkan
  6. Masih menggunakan minyak sisa menggoreng ayam, tumis bayang putih dan bawang bombay hingga harum
  7. Masukkan jahe
  8. Tambahkan Tropicana Slim Kecap Manis dan Tropicana Slim Kecap Asin
  9. Tambahkan 100ml air matang
  10. Dapat menambahkan tepung maizena yang sudah dilarutkan bila inginkan kuah yang lebih kental (optional)
  11. Sajikan dengan sayuran kukus (wortel, buncis, brokoli)












No comments:

Post a Comment