Tuesday, November 18, 2014

Berbagi Perhatian

Assalamualaikum Beautiful, 

Menjadi seorang ibu dari 2 anak adalah hal yang sangat baru buat saya.. Masih newbie banget, masih amatiran.. Ditambah lagi saya tipe orang yang cukup santai dalam menghadapi hal hal seputar anak.. Contoh, anak sakit saya usahakan untuk tidak panik dan gak langsung ke dokter begitu saja.. Kenali dulu sebab dan akibatnya, sharing dengan sesama ibu ibu, siapa tahu ada yang punya pengalaman serupa.. Yaa yang begitu begitu lah.. Kalau pun saya udah panik, ada suami yang bikin adem dan kembali berpikir logis. 

Jadi ceritanya kemarin ini baru saja had quality time with Aa Kenza....


Saya sadar, sejak ada Nafla.. otomatis perhatian saya terbagi.. untuk Kenza dan Nafla.. Subhanallah saya selalu berusaha adil seadil adilnya dalam memberikan perhatian. Ya waktu awal awal Nafla baru lahir, saya malah lebih fokus ke Kenza dibanding Nafla. Maksudnya tuh saya berusaha banget supaya Kenza jangan sampai merasa jealous atau merasa ada saingan. Pada saat itu saya tetap "menomor satukan" dia. Well, Nafla kan awal awal masih nenen dan bobo aja ya.. jadi masih agak kepegang deh.. ditambah banyaknya bantuan dari suami dan keluarga.

Makin kesini, baru deh makin kerasa kalo dua anak ini udah ngerti ibunya. Nafla udah tau kalo maunya sama amam terus. Kenza pun demikian, makan, main, dll maunya sama Amam. Dulu kalo Kenza mulai kelihatan jealous masih bisa lah Nafla ditaro dulu di box, trus saya main sama Kenza.. Kalo sekarang? Nafla bisa nangis jejeritan kalo merasa dinomor duakan.. hahaha.. seru deh.. Sampai sampai mungkin tanpa sadar, Kenza merasa kurang diperhatikan.. sehingga dia menunjukan sikap yang baru.. misalnya suka teriak kalau berbicara, suka mukul kalo gak suka sesuatu, mulai sering meniru adiknya (seperti nendang nendang atau ngenyot jari).. Semua dilakukannya untuk cari perhatian.. Yang tadinya cukup KZL dan GMZ (baca: kesel dan gemes) melihat tingkah laku Kenza yang seperti ini, menjadi istigfar dan introspeksi diri.. Mungkin memang saya kurang memperhatikan Kenza.. yang selama ini kita kira cukup, belum tentu anak merasakan demikian..

So I decide to have a quality time with my Son. Kami jalan jalan berduaan naik taksi biru. Kenza suka naik taksi biru karena katanya dingin, dan kalo di taksi dia terus-terusan ngomong, "taksi biru dingiiinn.. enaaakkk". hmmmm, padahal kan mobilnya juga ber AC keleeuuss.. namanya juga bocah, sepolos polosnya ya.. Jalan jalannya gak yang aneh-aneh, ke mal favorit aja.. yang medan tempurnya udah dipahami diluar kepala.. hehe.. disepanjang perjalanan di taksi, Kenza ceritaaa macem macem.. banyaakk.. semua mobil yang kami lewati dia sebut warnanya satu satu.. dia juga nanya macem macem.. Seneng banget bisa fokus mendengarkan obrolan dia.. mungkin selama ini saya gak terlalu fokus karena sambil jaga dedek.. pas sampai di mal juga dia pinter banget, nurut dan tetep excited ngajak saya ngobrol.. Oiya, salah satu misi dari quality time ini juga untuk menjauhkan Kenza dari gadget.. Dia mulai ketagihan main gadget, yaa pad pad an, handphone, dsb.. Jadi saya ajak dia ke toko buku.. saya bebasin dia milih buku yang dia suka.. gpp deh bukan buku bacaan beneran juga, emang blom bisa baca juga kan.. jadi dia milih buku yang ada mainan mobil mobilannya, dan yang bisa bunyi bunyi.. trus baru inget kalo jaman saya kecil ada mainan seperti papan menggambar yang ada penanya terbuat dari magnet.. tau kaann? jadi saya pun cari untuk Kenza dan alhamdulillah ketemu.. abis itu kami makan, makanan kesukaan Kenza.. bebek.. dan alhamdulillah misi pengalihan gadget ke activity book pun berhasil diterapkan ketika Kenza makan.. biasanya supaya duduk anteng pas makan, Kenza harus dikasih ipad dulu.. tapi sekarang sudah tidak lagi karena ada si papan menggambar yang terbuat dari magnet itu.. terima kasih papan menggambar yang terbuat dari magnet (ala ala klinik di TV.. trus namanya panjang bgt gak tau nama mainan itu sebenernya apa).

Pulang dari quality time, Kenza jauh lebih tenang.. lebih sabar dan percaya dengan Amamnya.. that everything still the same. He's still special one for me and always will.. without a doubt.. Dan ternyata quality time dengan anak itu sangat perlu.. kalo waktu bayi mungkin kita create bonding pada saat menyusui.. dan ketika anak beranjak besar dan tidak lagi disusui, kita perlu bentuk create bonding yang lain.. yaitu jalan jalan bersama ini.. kemudian ngobrol... and then stronger bond between mom and child pun bisa tercipta.

Maaf ya agak panjang, mudah mudahan sharing ini bermanfaat.

No comments:

Post a Comment