Thursday, December 4, 2014

RESEP PRAKTIS: Kentang Panggang Keju

Assalamualaikum Beautiful, 

Akhir akhir ini cuaca memang sedang gak menentu. Siangnya panas terik banget, tiba tiba sorenya hujan. Dan memang dikala cuaca seperti ini, anak anak jadi rentan banget sama sakit. Beberapa hari yang lalu Kenza sempat kena diare. Awalnya muntah muntah diiringi dengan BAB juga. Trus ke dokter dan dokter kasih obat mual dan untuk BAB-nya, yang saya ingat cuma obat untuk pencernaannya, Lacto-B.. Kenza juga senang pas minumnya, kaya makan susu bubuk katanya. Alhamdulillah sekarang sudah lebih sehat, tinggal mengembalikan selera makannya aja nih. Karena kemarin selama sakit makannya lumayan susah dan memang harus makan bubur saja. Ya saya juga maklum sih, namanya juga perutnya kembung pasti makan apa aja gak napsu ya. Nah, kemarin pas lagi santai santai nonton Jimjam, saya tawari Kenza kentang goreng dan dia mau. Langsung lah saya ke dapur. Pas buka kulkas mau ambil kentang, saya lihat ada keju mozzarela dan daging cincang. Kemudian langsung kepikiran, kayanya kalau buat kentang panggang enak juga nih. Langsung deh berubah pikiran dari yang awalnya mau masak kentang goreng saja, jadi mau buat kentang panggang keju. Cara memasaknya praktis, berikut caranya. 

Bahan-bahan:
  1. 1 Kentang butter ukuran besar
  2. 1 sendok makan daging cincang
  3. 1/2 buah bawang bombay
  4. Keju mozzarela (atau bisa juga diganti dengan keju biasa)
  5. Butter (saya pakai merk Anchor yang unsalted)
  6. Susu full cream
Cara memasak:
  1. Potong kentang seperti untuk sop, kemudian goreng dengan menggunakan butter. Sebenarnya kalau mau dikukus atau rebus juga boleh. Tapi saya suka gak sabaran kalo direbus kayanya lama, jadi prefer di goreng saja. Selain itu supaya wangi butternya berasa. Setelah matang, tumbuk kentang dengan cara dipenyet penyet sampai halus seperti mashed potato
  2. Tumis bawang bombay sampai harum, masukkan daging cincang. Tambahkan garam, gula dan sedikit lada bubuk
  3. Campurkan daging cincang yang sudah ditumis kedalam kentang yang sudah ditumbuk. Aduk sampai rata. 
  4. Tambahkan susu full cream sedikit demi sedikit sampai adonan kentang lebih halus.
  5. Setelah tercampur rata, masukan kentang ke pinggan tahan panas yang sebelumnya sudah diolesi butter/ margarin. Masukkan sampai rata. 
  6. Taburi kentang dengan keju parut sampai rata. 
  7. Masukkan ke oven, kalau saya berhubung gak punya oven jadinya pakai Happy Call pan. Masak dengan api sedang selama 15-20 menit sampai keju meleleh. 
  8. Sajikan hangat hangat. 
Alhamdulillah pas sudah jadi, dan saya bawa ke Kenza dan Apapnya.. Mereka excited banget. Langsung disergap dan habis dalam sekejap. Kenza juga gampang banget disuapinnya, walaupun agak effort ya sayanya karena tiap suap saya harus ngomong "Dengan kekuatan bulan dan bintang, dari langit yang biru" sambil bergaya ala ala sailor moon mau berubah. Tapi alhamdulillah habis banyak. Makanya foto kentangnya pun yang sudah groak, bukan yang utuh. Hehe.. 




Kasian Nafla yang cuma bisa kabita dan ngiler lihat kaka dan apapnya makan kentang panggang. Sabar ya Nafla, nanti kalau sudah waktunya boleh makan sepuasnya. 





No comments:

Post a Comment