Tuesday, December 16, 2014

Trip to Resorts World Genting, Malaysia (PART 1)

Assalamualaikum,

Beruntung sekali saya dan keluarga mendapat undangan untuk menikmati liburan singkat di kala weekend dari Resorts World Genting, Malaysia. Kebetulan banget memang rencananya akhir tahun ini mau sekali lagi pelesir ke Malaysia, secara Malaysia sudah seperti kampung kedua bagi saya dan suami. Maklum, kami sempat tinggal disana sekitar 2 tahunan, dan bagi kami agak susah untuk move on dari Malaysia, sudah terlanjur cinta. Alhamdulillah sekali pas dapat undangan ini, apalagi liburan di Genting! wow.. Super awesome!

Ini kali ketiga untuk saya, suami dan Kenza ke Malaysia di tahun ini, dan kali pertama untuk Nafla pergi jalan-jalan ke Malaysia. Bahkan pertama kalinya untuk Nafla bepergian naik pesawat, pas diusia 5 bulan yang mana belum mulai makan jadi lebih praktis karena masih ASI saja. Kami selalu excited tiap kali pergi ke Malaysia, sudah terbayang suasana disana, makanannya, airportnya, dan lain lain. Begitu pun Kenza, kayaknya ini pertama kali dia ke Malaysia dan udah sadar, plus sudah banyak ngomong juga. Sebelum-sebelumnya dia belum bebas berekspresi dengan kata-kata, jadi masih lebih banyak diem, beda dengan sekarang. Dari bandara mula dia sudah excited banget lihat pesawat, duduk anteng didekat jendela boarding room sambil saya suapi. It was a morning flight, tapi gak terlalu pagi juga sih, flight pukul 09.55 dengan Malaysian Airlines (MAS).

Tiba juga waktu keberangkatan, kami pun naik ke pesawat. Oiya sekedar tips bagi yang mau bepergian dengan bayi atau balita. Biasanya kan kita bawa stroller ya, nah stroller ini bisa dibawa sampai pintu pesawat yang kemudian kita berikan ke petugas disana dengan pesan bahwa kita mau stroller ini agar siap di pintu pesawat lagi ketika kita landing di negara tujuan. Dengan begitu anak-anak bisa lebih nyaman duduk manis di strollernya ketika perjalanan dari gate ke imigrasi dan seterusnya.

Alhamdulillah anak-anak anteng selama di pesawat, Kenza sudah tidur dari mulai pesawat sedang taxi, bahkan terbang pun belum. Kenza baru bangun sekitar 10 menit sebelum mendarat, asik deh. Nah kalo Nafla, sempet tidur sebentar setelah take off, tapi habis itu bangun segar sampai tujuan. Alhamdulillahnya dia anteng main teether dan beberapa mainan yang memang sengaja saya bawa untuk menemani perjalanan pertamanya. Oiya tips lagi bagi yang membawa bayi naik pesawat, ketika proses take off dan landing usahakan agar sealu menyusui bayi atau berikan dia teether, empeng atau sejenisnya agar ia sibuk menelan. Hal ini untuk menghindari gangguan telinga atau pengang yang diakibatkan oleh tekanan udara.

Setelah perjalanan selama 1 jam 40 menit, akhirnya terdengarlah anouncement "Selamat datang di Kuala Lumpur International Airport, Malaysia", alhamdulillah sampai juga kami di Malaysia. Pesawat MAS kami merapat di bandara KLIA, bandara utamanya Malaysia. Memangnya ada bandara lain? ada.. KLIA 2 namanya, bandara ini khusus pesawat low budget, tapi bandaranya pun tak kalah wow dari bandara utamanya. Turun dari pesawat, tidak memerlukan jalan jauh bagi kami untuk sampai ke area immigration check, karena memang MAS satu-satunya maskapai yang memiliki privilege untuk parkir di gate yang terdekat dari immigration check. Setelah semua urusan imigrasi dan bagasi selesai, kami pun lanjut makan siang di salah satu resto Malaysia di bandara. Dari sekian banyak menu makanan Malaysia yang ditawarkan, saya tertarik dengan Mie Kepiting ini. Tampak enak dingin-dingin makan yang berkuah panas, dan benar.. Enak pake banget.

After lunch kami pun berangkat menuju Resorts World Genting dengan van. Perjalanan dari bandara menuju Genting kurang lebih memakan waktu 2 jam. Tapi perjalanan 2 jam tidak terasa lama apalagi membosankan karena terlalu excited melihat kanan kiri pemandangan di KL, dimana alam bisa menyatu dengan gedung-gedung bertingkat. Masih banyak hutan ditengah kota, sungai yang sangat bersih gak banyak bonusnya (baca: sampah) dan lalu lintas yang cukup bersahabat. Kalau boleh sedikit fashback jaman tinggal di KL, what I love most about KL is I can go wherever around KL with public transportation without anxiety. Public transportation di KL sangat bersih, nyaman dan aman. Sistem transportasi yang sudah berkesinambungan membuat penumpang merasa dimudahkan.

Kembali lagi ke perjalanan menuju Genting. Semakin dekat ke Genting, semakin kita bisa melihat tebing-tebing dan pepohonan yang masih rindang. Perjalanannya berkelok kelok hampir mirip kalau kita ke puncak di Jawa Barat. Resorts World Genting memang letaknya diatas gunung yang cukup terjal, udara disana pun dingin dan sejuk seperti di Puncak. Perjalanan menuju Genting bisa ditempuh dengan 2 cara, cara darat seperti biasa menggunakan mobil atau bus. Cara lainnya adalah dengan menggunakan cable car atau kereta gantung. Well, demi pengalaman tak terlupakan, kami pun memilih untuk menaiki kereta gantung dong.

Kereta gantung di Genting ini hampir mirip dengan kereta gantung di Taman Mini Indonesia Indah. Bedanya, cable car di Genting ini terhampar diatas gunung dan hutan yang sangat tinggi sampai benar-benar bikin ngilu kalau lihat kebawah. Sekedar saran bagi yang phobia dengan ketinggian sebaiknya ambil jalan pertama saja ya menuju Resorts World Gentingnya, hehe. Saya juga sebenarnya agak phobia dengan ketinggian, tapi pengalaman naik cable car ini sangat menyenangkan untuk saya. Seru banget dan memicu adrenalin deh pokonya. Sekaligus amazed juga dengan ide dibalik pembuatan cable car ini. Bagaimana sang creator menciptakan jalur transportasi tanpa merusak alam yang ada disana. Tidak usah khawatir akan keselamatan dan keamanan cable car ini, karena setiap tahunnya pihak Resorts World Genting selalu mengadakan overhaul untuk cable car ini, dan overhaulnya gak cuma sehari dua hari melainkan 1-2 bulan lho.

Perjalanan diatas cable car dari bawah sampai ke atas Resorts World Genting memakan waktu kurang lebih 15 menit. Paling seru ketika di akhir perjalanan, cable car menanjak keatas menembus awan. Karena memang Genting berada di puncak gunung, bahkan diatas awan. Kita benar-benar bisa melihat awan dari atas Resorts World Genting.

Jadi disinilah kami akan menghabiskan akhir pekan kami, ditempat dengan cuaca dingin, sejuk, diatas awan, yang penuh hiburan. Kami menginap di Resort Hotel, hotel bintang 4 yang terjangkau dan sangat nyaman. Perjalanan ke Genting bisa dengan mudah direncanakan dari depan laptop, cukup dengan buka website RWGenting dan Anda bisa langsung booked perjalanan ke Genting. Selama 3 hari 2 malam di Genting, kami akan mengeksplor beberapa tempat permainan dan show terbaru yang ada di Genting. Show apa ya? Sesame Street Live Show!! Woohoooo.. Sesame Street merupakan karakter yang sudah terkenal dari jaman saya kecil dulu, dan sekarang Kenza juga familiar dengan karakter-karakter Sesame Street ini terutama Elmo. Nanti lihat ya keseruan kami ketika menonton pertunjukan Sesame Street dan ketika mengeksplor Resorts World Genting, Malaysia.